Senin, Juni 30

Indahnya Bekerja Sama

Tahu nggak kamu, kalau kita bukanlah apa-apa tanpa sahabat, teman, atau sodara kita. Kita tentu nggak bakalan bisa ngerjain sgala sesuatunya sendirian. So pasti, kita butuh teman. Biar kerja kita jadi ringan en cepat kelar. Walau sehebat apapun kita tanpa orang lain kita nggak bisa apa-apa " We Are Nothing"

Waktu jalan2 (wisata maya) kemaren kita dapetin satu dongeng. Ini beneran lo ya! Bukan main2. Jadi, kami harap usai dengerin cerita nih, kamu langsung paham en mengerti kalo kerjasama itu, suatu yang luar biasa sifatnya! Coba bayangin, mana bisa Si Bandung Bondowoso dapet bangun Candi Sewu tanpa bantuan dari para gaibnya. Ato yang paling deket nih, Pak SBY nggak bakalan bisa ngurusin negara ini sendiri tanpa kabinetnya. Walau segagah apapun perawakannya tetap aja ia bukan apa-apa tanpa orang lain, tul nggak. Oleh karena itu, jangan pernah kamu ngeremehin kerjasama ini.

Ok, tunjek point aja ya!. Dongeng ini berkisah tentang pertandingan lari antara kura2 en kelinci. Begini ceritanya: Suatu ketika, kelinci ngajak kura2 balapan lari. Pertandingan pun dimulai. Kelinci langsung memimpin jauh di depan kura2. Tiba-tiba kelinci itu noleh ke belakang, dilihatnya kura-kura masih tertinggal jauh. Karena udah merasa menang, kelinci berhenti berlari. Sang pemakan wortel ini malah duduk2 santai tidur2an di bawah pohon yang rindang. Nah, karena saking asyiknya, ia akhirnya tertidur di tempat itu.

Pelan namun pasti kura2 tetap berlari. Sampe kemudian ia mampu melewati sang kelinci yang sedang tertidur. Kura2 pun menang dan mampu mengalahkan sang kelinci. Setelah sampai di garis finish, kura2 bersiul memanggil kelinci. Kelinci terbangun dari tidurnya, dan mendapati dirinya telah kalah bertanding.

Merasa malu dikalahkan oleh kura2 yang larinya klunak-klunuk itu, kelinci menangis. Kura2 pun datang menghibur kelinci sambil berkata? Lain kali kamu kudu hati2 dan ingat slalu falsafah jawa 'alon-alon asal klakon,' he...he…

Tak terima dengan kekalahannya sang kelinci kembali menantang si kura2. Tanpa pikir panjang kura2 pun setuju. Begitu aba-aba start dimulai, kelinci langsung berlari sekenceng-kencengnya. Kali ini, binatang bertelinga panjang itu mengerahkan semua tenaganya en konsentrasi penuh pada garis finis. Dia nggak lagi nolah-noleh ke belakang en duduk2 santai. Pertandingan kedua itupun dimenangkan oleh kelinci. Dengan sportif kura2 ngucapin selamat pada kelinci sambil berkomentar "falsafah alon-alon asal klakon bisa dikalahkan dengan kesungguhan, spirit en fokus pada tujuan akhir yang ingin dicapai?

Wah kedudukan satu-satu ya? seru kura2. Untuk menentukan siapa pemenangnya pertandingan mesti digelar kembali. Kali ini kura2 meminta kepada kelinci agar kura2 yang menentukan rute pertandingan. Karena merasa larinya lebih kenceng dibandingkan kura2 iapun menyetujui tawaran kura2 itu.

Pertandingan dimulai. Sang kelinci langsung memimpin pertandingan. Namun di tengah perjalanan kelinci berhenti, ternyata rute yang kudu dilewati adalah sungai yang sangat lebar. Maka sampailah kura-kura di tepian sungai itu dan menyapa sang kelinci yang sedang gelisah? maaf ya saya nyeberang duluan, he..he..? Dipertandingan ke tiga ini kura2 yang jadi pemenangnya. Untuk kedua kalinya kelinci menangis.

Kura2 mendatangi kelinci. Sambil terisak kelinci berkata kepada kura2? ternyata kalau kita ingin menang, kita mesti lihat pada kemampuan diri en keahlian, ya?
Untuk menghibur kelinci kura2 menyodorkan tawaran. Bagaimana kalau kita berlomba lagi. Kali ini, nggak ada yang kalah, semuanya menang. Caranya, saat di darat kamu gendong aku. Nah, kalau di sungai aku yang gendong kamu, gimana? kata kura2. Kelinci setuju dengan tawaran ini.

Ternyata di pertandingan ke empat ini, waktu tempuhnya jauh lebih cepat ketimbang sebelumnya. Akhirnya, kedua binatang itu sepakat kalau mereka saling bekerjasama sesuai dengan kemampuan en keahlian masing2 tentu akan menghasilkan prestasi yang jauh lebih baik. Terpenting lagi, nggak ada yang merasa dikalahkan, tul nggak!

Bila kehidupan berbangsa kita dihiasai dengan kerjasama antar satu dengan yang lain, tentu akan banyak prestasi yang bisa kita dulang. Napsu untuk menang sendiri, menonjolkan gank atau kelompoknya udah nggak jamannya lagi, tinggalin aja. Buang sono jauh2!

Nah, sekarang baru nyadar kan. Kalau kelinci en kura2 aja bisa, ngapain juga kita nggak! Semua itu, hanya bisa kita raih bila kita bekerja sama. Wah, bisa dibayangin ya! Kalau semua elemen bangsa ini bisa bekerja sama secara baik, hasilnya tentu akan dahsyat, pren! Dan nggak carut-marut kayak sekarang ini, ya nggak! Hebat ya kura2 en kelinci ini. Lalu kita, kapan? He...he… (Ridho, dkk)

0 komentar: