Selasa, Juni 10

Cover Buku Kenangan

Ada pemandangan menarik saat kami masuk ruang kantor SMP kemarin. Komputer yang biasanya di pake oleh para guru, eih, dipake oleh Mas Danar, kakak kelas kami yang sebentar lagi akan segera mentas dari SMP. Kok, tumben ya! Ada apa? Sempat timbul tanda tanya. Namun, saat kami mendekat ternyata ia tengah mengerjakan sesuatu. "Serius amat sih!"

Ia tampak begitu asyik berkreasi. Penasaran, kami menghampirinya lebih dekat lagi. Barulah setelah itu kami tahu. Ternyata ia tengah mendesain sesuatu di Coreldraw, program desain yang biasanya diajarkan dalam mata pelajaran kesenian. Saat kami tanya "Lagi bikin apa, Mas?"
"Lagi bikin cover untuk buku kenangan, Dik!".
"Emang dikerjakan sendiri ya Mas, Kok nggak di cetakkan aja di percetakan seperti sekolah2 lain gitu, kan lebih praktis!" tanya kami.
"Oh, nggak! Buku kenangan ini kami garap sendiri, Ya, karena jumlahnya yang nggak seberapa. Daripada di cetak harganya mahal mending di garap sendiri. Mungkin buku kenangan itu akan kami print satu-persatu. Setelah itu kami bukukan, kemudian kami rapikan di pemotongan" Jawabnya,
"Oh, begitu ya!," sahut kami singkat.

Saat kami lihat desain covernya, kelihatannya kok bagus ya! Kami pikir sayang kalau harus dinikmati oleh kalangan sendiri, mending diposting aja, trus dimasukan ke Zona Kreasi. Lumayan nambah konten, kan? Lagian Zona Kreasi emang untuk itu, kok! Kalau nggak di manfaatin kan percum nggak bergun, ya nggak Bro! "Ya, udah masukin aja, masukin aja," desak temen2. Nekad aja, kami bertanya pada Mas Danar.

"Mas, gimana kalo cover karya Mas Danar, Kami masukkan aja ke Alcomedia?,"
"Nggak masalah kalo mau kamu pasang di blog. Malah kebetulan sekali, itung-itung sebagai kenang2an, tapi sebelum kamu pasang di blog aku export ke jpeg dulu ya!" Kata Mas Danar. Setelah dapat file gambar dalam format jpeg dari Mas Danar. Kami kemudian mempostingnya.

Ok! Sekarang udah kami pasang hasil karya Mas Danar di blog ini. Kami kira ini bagus. Bagus sekali! Entah gimana menurut kamu? Kata Pak Wahyu, guru seni kami, penilaian itu sifatnya subyektif. Tergantung siapa yang menilainya. Namun, ada patokan2 tertentu yang bisa kita gunakan, misalkan saja enak nggak gambar itu di pandang. Gampangannya sih, karya itu dinilai dari unsur visualnya. Masalah konsep dan tata nilai seni yang lain itu biasanya kembali kepada si pembuat. Ya, bolehlah itu dikatakan relatif. Bagi kamu yang ingin menikmati karya Mas Danar, ato mau mengapresiasi karyanya tersebut. Silahkan pantengin aja kreasi cover di bawah ini:

Oh, ya! Bagi kamu yang berada di luar sono. Kalau kamu ingin menampilkan karyamu yang berupa gambar, baik poster (atau jenis2 reklame lainnya), kartun, karikatur ato olah karya seni kerajinan de el el. Kamu bisa kirimkan gambar karyamu itu dalam format gif, jpeg ato bmp, disertai keterangan singkat tentang karya tersebut ke alamat email kami: alcomedia@gmail.com. Biar nggak berat ngangkatnya (baca: loading) mohon kapasitas file maksimal 80 kb ato ukuran maksimal 800 pixel, width en heightnya. Trim's. (Cah Mading Alcom)

0 komentar: